Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Kolaborasi UMP & UNISSULA : Mantapkan Inovasi Berkelanjutan lewat SENATEK 2017

 

Sabtu (7/10/2017), Bertempat di Krisna Ballroom lt.3 Hotel Java Heritage Purwokerto, tahun ini Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang bekerjasama menggelar SENATEK (Seminar Nasional Teknik) 2017.Tak hanya menggandeng UNISSULA, UMP juga mendatangkan keynote speaker tak hanya dari level akademisi seperti Prof. Ir. H. Pratikso, MST., Ph.D., Pakar Geoteknik UNISSULA tetapi juga praktisi yakni Dr. Ir. Tatang H. Soerawidjaja (ketua Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia “IKABI”) dan Program Manager PT. Chevron Pacific Indonesia, Ir. H. Agung Prasetya, MMT., PMP.

 

 

 

Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH menyambut baik acara ini sekaligus membuka acara ini. Beliau menyampaikan selamat atas terselenggaranya SENATEK 2017 dan berharap tema acara ini tercapai yakni “Inovasi Teknologi Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”  bukan hanya secara inovatif dalam pemikiran kita tetapi juga ikut berkontribusi dalam kemajuan peradaban. Ketua Panitia SENATEK 2017, Wakhyu Dwiono, S.T., M.T. . Wakhyu menjelaskan bahwa pertama kali SENATEK digagas & diselenggarakan  oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto & merupakan event 2 tahun. Wakhyu menambahkan, “Pada tahun 2017 ini merupakan tahun yang istimewa karena tahun ini Fakutas Teknik UMP bekerjasama dengan Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, jadi kedepannya Seminar Nasional ini akan diadakan setiap tahun ”. Dalam SENATEK 2017 telah terpilih 63 paper yang terdiri dari 4 kategori yakni Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Elektro dan Teknik Informatika yang berasal dari seantero Jawa. “Insyalloh kedepannya mungkin bisa menjaring paper peserta dari Luar Jawa sehingga pesertanya menjadi lebih majemuk lagi dan Saya berterima kasih kepada seluruh pihak baik panitia & peserta atas partisipasinya sehingga event SENATEK ini dapat berjalan lancar”, tambahnya. Tak lupa Wakhyu menyampaikan maaf apabila dalam pelaksanaan SENATEK ini masih banyak kekurangan & selalu menjadi lebih baik di event SENATEK selanjutnya.

 

 

 

Pemateri SENATEK 2017 yang pertama, Dr. Ir. Tatang H. Soerawidjaja merupakan Ketua IKABI menyampaikan tentang pemanfaatan Asam Lemak untuk pembuatan  Hidrokarbon Nabati. Berbeda dengan senyawa hidrokarbon pada umumnya yang berala dari bahan bakar fosil seperti Minyak bumi dan banyak turunannya. Asam lemak seperti Asam format dan sejenisnya ternyata memiliki karakteristik senyawa yang sama dengan Hidrokarbon kecuali pada ujung senyawa Asam Format memiliki tali rantai O. Sembari mengutip beberapa ayat dalam AL-Qur’an tentang energi & kekhalifahan, Tatang menjelaskan bahwa ini merupakan tantangan yang harus kita kaji bagi kita semua seperti dalam salah satu slide presentasinya “Zaman Batu berakhir bukan karena habisnya batu, Zaman Minyak Bumi berakhir bukan karena habisnya minyak bumi”. Dalam presentasinya, Tatang yang juga merupakan Dosen di ITB (Institut Teknologi Bandung) menyampaikan bahwa pasti minyak bumi yang merupakan jenis energi berbasis Carbon akan habis, oleh karenanya kita harus berpikir untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan lain seperti Sinar Matahari, Hidrokarbon Nabati & Energi Nuklir atau bisa disebut Nir-Carbon. Asam Lemak yang nantinya akan diolah menjadi Hidrokarbon Nabati sendiri dapat berasal dari Sawit, Jagung, kelapa bahkan dari Alga yang biasa tumbuh di pesisir panti dengan ratio perbandingan energi yang lebih tinggi dari Sawit. “ini merupakan tantangan & tanggung jawab kita bersama, di Indonesia, kilang minyak ada 7 tetapi industri hidrokarbon nabati sudah ada 20, ini akan membantu pemerataan perekonomian Indonesia bukan hanya terkonsentrasi daerah yang ada minyaknya, coba bayangkan Indonesia merupakan negara tropis dengan garis pantai terpanjang di dunia ”, tambah tatang.

 

Pada SENATEK tahun ini jugab turut hadir Pakar Geoteknik UNISSULA, Prof. Ir. H. Pratikso, MST., Ph.D., Pratikso menjelaskan tentang pemanfaatan PVD (Prefabricated Vertical Drain) pada konstruksi bangunan. PVD berguna untuk mempercepat konsolidasi tanah sehingga bangunan menjadi lebih mantap & kokoh. Tak lupa Pratikso menambahkan bahwa dengan penggunaan PVD, bangunan dapat didirikan diatas tanah yang sudah terkonsolidasi tanpa menunggu tanah tersebut mantap selama bertahun-tahun (bandingan dengan penggunan PVD yang hanya membutukan waktu 1 tahun/6 bulan atau bahkan 3 bulan dengan pemasangan PVD complex dengan pattern segitiga). Seusai pemaparan tersebut kemudian waktu acara diberikan kepada pemateri utama ke-3 yakni Ir. H. Agung Prasetya, MMT., PMP. selaku Program Manager PT. Chevron Pacific Indonesia. Agung sendiri merupakan lulusan Teknik Elektro yang telah berkiprah selama 21 tahun di PT. Chevron Pacific. Tak hanya berkarir di dunia kerja professional, Agung juga pernah terlibat sebagai tim pendiri Program Studi teknik Informatika di salah satu institut teknik yang ada di Provinsi Riau. Selama waktu tersebut, Pria kelahiran Wangon ini bercerita tentang suka dukanya di dunia kerja yang tak ayal langsung seperti sekarang. Agung memulai karirnya sebagai system engineering dimana pada waktu itu komputer masih berbentuk mainframe dan hanya ada beberapa perangkat pendukung dengan spesifikasi minimum di sisi terminal/Workstation, lambat laun teknologi berubah menjadi Client’n Server, lalu yang popular di masa sekarang Cloud Computing & Storage. Materi Inovasilah yang Agung sampaikan dalam presentasi SENATEK kali ini. Dalam dalam dunia professional maupun perusahaan, Inovasi merupakan indikator krusial dalam perkembangan suatu perusahaan atau person. Tanpa inovasi, sesorang atau perusahaan tersebut tidak akan survive dalam persaingan di era global seperti sekarang. Agung menjabarkan tentang tips Inovasi dalam beberapa hal seperti : 1) Focus on your customer, 2) Bigger isn’t always better, 3) Ideas come from everywhere, 4) Innovation, not Instant perfection dan 5) It’s really about leadership. “ berfokus kepada pelanggan akan memudahkan kita memetakan apa yang diinginkan pelanggan maupun pangsa pasar yang akan kita miliki. Sama halnya dengan inovasi, inovasi yang besar belum tentu akan menghasilkan outcome  yang besar tetapi bagaimana kita meningkatkan values  dari produk atau jasa apa yang kita pasarkan”, “Begitu pula dalam dunia pendidikan tinggi, Universitas juga perlu memikirkan aspek sosial agar lulusannya semakin berkompeten dengan membekali siswa nya tak hanya knowledge tetapi juga softskills seperti Interpersonal relationship, attitude & profesionalitas tanpa mengesampingkan aspek bisnis agar Universitas tersebut menjadi Universitas yang Unggul”, Tambahnya.

 

 

Seusai duhur, para peserta SENATEK 2017 kemudian memasuki ruangan sesi paralel yang terbagi menjadi 4 kategori dengan moderator dan para pemakalah per-bidang yang berada di Arjuna Room yang berada di lt.2 Hotel Java Heritage Purwokerto. Kemudian acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada 3 pemateri utama & dilanjutkan dengan foto bersama baik dengan pemateri, panitia maupun para peserta. (Afif)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id