Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Semangat Hijaukan Bumi melalui Solid Waste Management

 

Bumi, Planet ketiga dalam sistem tata surya yang kita tempati. Di Bumi yang kita tempati inilah kita melangsungkan hidup kita, tapi mirisnya kitalah yang berperan aktif dalam memburuknya kondisi bumi sekarang ini. Irresponsible Explorating & Exploitation, Excessive Building, Overload Waste Production adalah salah satu penyebab rusaknya bumi kita ini. Pastinya kita juga menginginkan anak cucu kita hidup di lingkungan yang hijau & sehat.

 

 

 

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), salah satu universitas yang juga peduli akan lingkungan melalui kuliah tamu yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya kali ini diramaikan oleh mahasiswa Prodi Teknik Sipil pada hari sabtu, tanggal 18 September 2017 membahas Solid Waste Management dengan pembicara Dr. Lavania Baloo dari Universiti Teknologi PETRONAS. Bertempat di Aula Fakultas Teknik lt.5 (UMP) Lavania menjabarkan penting pengelolaan limbah, baik itu limbah rumah tangga (municipal waste) maupun limbah pabrik yang berbahaya (hazardous waste). “Setiap Pabrik yang beroperasi pastinya menghasilkan limbah yang jika tidak ditangani secara seksama akan membahayakan lingkungan & ekosistem yang disekitarnya”, ungkapnya. Seperti yang kita tahu bersama insiden “minamata desease” yang terjadi di Minamata, Perfektur Kumamoto, Jepang pada tahun 1956 dikarenakan pembuangan limbah cair methylmercury di laut oleh Perusahaan Kimia Chisso Corporation dimana limbah tersebut kemudian terakumulasi kedalam tubuh manusia melalui konsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh limbah tersebut. Hasilnya adalah neurological disorder seperti rusaknya sistem saraf motorik sehingga pengidap penyakit tersebut mengalami otot lemas, tangan tidak terkontrol, gangguan pendengaran & kesulitan berbicara.

 

 

 

Pentingnya pengelolaan limbah juga disampaikan oleh Lavania pada Kuliah Tamu Prodi Teknik Kimia sesi-2 pada tanggal 29 September 2017. Lagi-lagi yang dibahas adalah Solid Waste Management, topik ini merupakan topik yang sedang popular di kalangan masyarakat mengingat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan berkurangnya tanah terbuka (landfield) untuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir) tetapi belum diimbangi dengan manajemen limbah yang baik & tidak membahayakan bagi lingkungan. “Kita harus mulai berpikir bagaimana mengurangi buruknya keadaan ini, bisa dengan mengolah limbah menjadi sesuatu yang berguna maupun mengolahnya menjadi energi alternatif terbarukan seperti Biomass energy ”, tambah lavania pada sesi-2 kuliah tamu nya. Wanita yang saat ini berkonsentrasi di bidang Environmental Science, Waste Management, Environmental Engineering ini mengajak mahasiswa FT-UMP khususnya prodi Teknik Sipil & Teknik Kimia untuk lebih peduli dengan lingkungan dan mengembangkan teknologi enath itu untuk pengelolaan limbah maupun upaya untuk menekan produksi limbah baik yang berasal dari limbah rumah tangga maupun limbah pabrik apabila telah berkiprah di dunia kerja. Langkah awal yang harus kita mulai bersama saat ini alaha waste separation (pemisahan limbah) antara limbah organik dengan inorganik sehingga memudahkan dalam pengelolaan limbah ditahap selanjutnya. Mari lestarikan bumi kita tercinta mulai dari diri sendiri & hal terkecil yang bisa kita lakukan sekarang. (Afif)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id