Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

UMP Gelar Wisuda Ke 53

sabtu (11/10) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar wisuda ke 53 program magister, sarjana dan diploma. Kali ini diikuti oleh 1053 lulusan yang terdiri dari 16 magister, 889 sarjana dan 148 orang diploma. Prosesi ini juga dihadiri oleh Rektor UMP, jajaran Badan Pelaksana Harian (BPH), senat, dekanat, civitas akademika dan keluarga wisudawan. 

 

Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengucapkan selamat pada wisudawan. Menurutnya,lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UMPkepada bangsa dan negara Indonesia. Rektor juga mengatakan harus ada perbedaan antara intelektual lulusan perguruan tinggi Islam dengan lainnya, harus memiliki perbedaan dalam bertindak, bersikap maupun bergaul jika dibandingkan dengan mereka yang bukan lulusan perguruan tinggi Islam atau bahkan tidak memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi. 

Rektor juga berpesan agar wisudawan dapat memanfaatkan dengan baik pengalaman yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah. “Saudara akan kembali ke masyarakat yang penuh persaingan dan tantangan yang harus dihadapi. Keberhasilan saudara ditentukan oleh kemampuan menyesuaikan diri, mencapai target dan menjawab tantangan yang dihadapi,“ kata rektor. Rektor berpesan agar wisudawan dapat menjaga nama baik almamater.  

Di kesempatan terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Furqanul Aziez, MPd mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyakarakat pada UMP. Azis menjelaskan wisuda kali ini diikuti oleh wisudawan yang bukan saja berasal dari daerah Jawa Tengah tetapi juga dari luar Jawa seperti Lampung, Jambi, Bengkulu, Palembang, Riau dan Bangka Belitung. Jelas ini membuktikan betapa luasnya penerimaan UMP di masyarakat. “Semoga UMP semakin berkembang dan menjadi universitas yang Unggul, Modern dan Islami,”  kata Azis.  

Azis juga menyebutkan lulusan terbaik dari Program Magister, Sarjana dan Diploma. Untuk program master diraih oleh Jusup Sutjahjo, dari Program Studi Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia, IPK 3,81. Dari program sarjana ada 4 lulusan terbaik yaitu Salma Harizt Zubaedah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi, IPK 3,83), Nila Tri Hardiyani (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Sejarah, IPK 3,85), Laela Tri Alfiana (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi, IPK 3,83) dan Nuriasih (Fakultas Psikologi, IPK 3,83). Sedangkan dari program diploma ada 4 lulusan terbaik, Febriyani (Fakultas Ekonomi, Akuntansi, IPK 3,90), Tuti Hernawati (Fakultas Ekonomi, Akuntansi, IPK 3,83), Fella Nur Fathia (Fakultas Ekonomi, Akuntansi, IPK 3,82) dan Mentari Fatma Oktavia (Fakultas Ekonomi, Akuntansi, IPK 3,82). 

Selain penghargaan lulusan terbaik dengan prestasi akademik, UMP juga memberikan penghargaan wisudawan terbaik di bidang keIslaman dan kemuhammadiyahan kepada Mudjiwati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, PG PAUD), Siti Sofia Nazilah (Fakultas Agama Islam) dan Dwi Suryani (Fakultas Ilmu Kesehatan, Ilmu Keperawatan). Total lulusan dari semua angkatan, sampai saat ini UMP telah menghasilkan 24.419 alumni, dengan rincian sebagai berikut  Magister 135, Sarjana  17.256, Diploma III 3.025,  Diploma II 1.553, Akta Mengajar 1.332, Profesi Apoteker 826 dan Profesi Ners 292

 

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id