Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

SINERGI : PIDATO MILAD KE-22 FT-UMP HADIRKAN KEPALA PLTU ADIPALA

 

Sabtu, 12 Agustus 2017 / 19 Dzulqa’dah 1438H, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FT-UMP) menggelar Sidang Senat Terbuka 2017 & Pembukaan Milad Fakultas Teknik di Aula Fakultas Teknik Gedung R lt.5 dimana dalam event tersebut tak hanya pemaparan laporan akhir  tahun FT-UMP tetapi juga mengadakan kuliah tamu oleh Kukuh Pambudi selaku Kepala PLTU Adipala 2  PT.INDONESIA POWER. Selama kurun waktu lebih dari 22 tahun, Fakultas Teknik telah menghasilkan lebih dari 907 lulusan, dari angkatan pertama tahun 1995 yang terdiri dari 224 lulusan Teknik Sipil (TS), 184 lulusan Teknik Kimia (TeKim), 165 lulusan Teknik Elektro (TE), 333 lulusan Teknik Informatika (TI). Dimana Dekan FT-UMP, M. Taufiq Tamam,S.T.,M.T. menjelaskan bahwa lulusan tersebut tidak sedikit yang sedang  melanjutkan studi di luar negeri. Tamam menjelaskan,”Untuk Student Body FT-UMP sudah mecapai 1001 Mahasiswa dan lama studi program studi di FT-UMP rata-rata 4,5 tahun, tak hanya itu di Fakultas kami, semua program studi sudah memiliki akreditasi BAN-PT dengan nilai B sehingga apabila lulusan ingin melanjutkan studi maupun mencari pekerjaan di perusahaan yang mensyaratkan predikat B pada program studinya maka FT-UMP sudah memenuhi persyaratan tersebut”. 

 

 

FT-UMP juga sudah memiliki 2 jurnal nasional yakni TECHNO dan JUITA (Jurnal Informatika), untuk jurnal TECHNO sendiri adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebagai media informasi dan forum pembahasan masalah teknik dan perkembangan teknologi, berisi tulisan-tulisan ilmiah hasil penelitian serta gagasan-gagasan baru yang orisinil bidang rekayasa ilmu teknik sipil, teknik kimia, teknik elektro dan teknik informatika sedangkan jurnal JUITA jurnal sains dan aplikasi bidang informatika yang menyajikan artikel hasil pemikiran dan penelitian serta perkembangan mutakhir. Selain itu FT-UMP juga tahun lalu berkesempatan menjadi tuan rumaha FGDT (Forum Grup Diskusi Teknologi) yang merupakan forum nasional yang diikuti oleh Fakultas Teknik & Industri Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, disusul oleh SENATEK (Seminar Nasional Teknik) dan tak lupa 1st INCEAS (International Conference on Applied Science) sebagai ajang publikasi maupun presentasi hasil karya ilmiah baik Dosen maupun mahasiswa. “Karena sekarang mahasiswa angkatan 2016 juga dituntut untuk mempublikasikan karya ilmiahnya dengan diperlakukannya SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) paling tidak menjadi pemakalah conference/seminar”, tambah Tamam.

 

Pemaparan laporan tahunan FT-UMP tahun 2017 ini juga menjelaskan perkembangan pada bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Terkait dalam bidang kemahasiswaan, tidak sedikit mahasiswa FT-Ump yang memiliki prestasi & “menorehkan” juara seperti mahasiswa Teknik Sipil juara 2 Lomba Beton Nasional, Teknik Kimia menyelenggarakan Lomba Kimia antar-SMA se-Indonesia & juara 1 dalam Lomba Speech Contest yang diselanggarakan oleh Language Development Center UMP, Teknik Informatika menyelenggarakan INFECT & lomba Desain Web tingkat SMA/SMK se-karisidenan Banyumas, Teknik elektro masuk menjadi  15 besar dalam lomba PLC di Universitas Negeri Jakarta,  serta Dibidang religi FT-UMP juga menjadi juara MTQ 5 juz tingkat Provinsi.

 

Dalam bidang kerjasama, FT-UMP juga sudah memiliki IKA (Ikatan keluarga Alumni) FT-UMP. Karena pada saat akreditasi Alumni memiliki peranan penting setidaknya memberikan informasi peluang pekerjaan bagi adik-adik kelas yang masih menjalani studi atau yang lebih baik lagi dapat membatu pengembangan program studi-nya. Dekan FT-UMP, M. Taufiq Tamam juga menambahkan bahwa tahun ini Teknik akan mengadakan Job Seeking Training sama seperti tahun 2016, tetapi pada tahun 2017 kali ini akan “dilengkapi” dengan Engineering Expo yang didukung oleh perusahaan-perusahaan terkemuka yang ada di Indonesia seperti  PT. Sambas Wijaya bidang  jasa konstruksi dan PT. Sutanto Arif Chandra Electronic (Kitani) Jawa Tengah dengan produk Audio & Video Cable Manufacture dan Kabel Antena.

 

Pada sesi Kuliah Tamu, FT-UMP “menghadirkan” kepala PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Adipala Cilacap, Kukuh Pambudi, S.T. . Kukuh “bercerita” mulai dari sejarah pendidikannya kemudian PLTU Adipala Cilacap yang merupakan Unit pembangkitan milik PT.INDONESIA POWER (Anak perusahaan PT. PLN Indonesia) dan sepak terjang nya bekerja dalam PT.INDONESIA POWER. Setelah memutar video profil PT.INDONESIA POWER, Kukuh meberikan gambaran mengenai proses pembangkitan listrik yang ada di PLTU Adipala Cilacap seperti proses penyiapan air laut yang akan digunakan pada PLTU. “Mula-mula air lalu dialirkan untuk pada fase pertama yakni penghilangan Biota yang terdapat pada air laut tersebut, lalu fase kedua sedimenatation port yakni proses sedimentasi untuk menghilangkan kadar garam yang terdapat pada air, lalu fase filtrasi dengan cara air laut dialirkan dengan tekanan tinggi ke tangki-tangki melalui proses membran osmosis semi-permeable , de-ionisasi untuk menghilangkan kandungan elektrolit memalui proses elektrolisa sehingga menjadi air murni dengan konduktiviti 1 microsiemens [μS] tak lupa pH air juga diubah menjadi 8-9 dibuat sehingga tidak mudah membuat turbin berkarat & peralatan menjadi awet”, ungkap Kukuh. Kukuh menjelaskan, “prosesnya memang panjang sekali mengingat air murni tersebut akan dipanaskan sampai 500oC dalam bentuk uap panas kering untuk memutar turbin dengan tekanan 24 Mpa (MegaPascal)”. Tak hanya masalah Air, masalah bahan bakar untuk memanaskan air yakni batubara juga sangat diperhatikan dimana PLTU Adipala sendiri mebutukan 8000 ton batubara setiap harinya yang dikirim bisa menggunakan kapal tongkang maupun Vessel.  Batubara tersebut harus diproses terlebih dahulu dengan proses Milling atau penggilingan agar mudah dalam proses pembakaran, kekerasan dan kadar oksigen dalam batubara Batubara juga diperhatikan. Kemudian batubara yang sudah diatur masuk kedalam ruang Boiler untuk memanaskan Air. Proses ini berjalan selama 24jam perhari sehingga keselamatan, integritas kerja & disiplin tinggi merupakan hal yang sangat diperhatikan dalam unit pembangkitan listrik mengingat listrik tersebut juga dibutuhkan tak hanya untuk opersional rumah tangga tetapi juga untuk operasional industri. Kukuh menjelaskan bahwa konsumsi industri indonesia masih tercentral di Jawa Barat dan Banten sehingga kebutuhan listrik sangat vital bagi industri-industri tersebut.

 

Untuk masalah limbah, Kukuh mengemukakan pasti semua proses akan menghasilkan residu atau limbah. Sama halnya denga PLTU, limbah air sisa pemutaran turbin tidak langsung dibuang ke laut, tetapi proses panjang agar air tersebut menjadi “layak” kembali bagi lingkungan. Seperti proses penambahan asam & basa untuk menetralkan air dengan pH 7-8.  Setelah air menjadi netral lalu air dipisahkan dengan kandungan lumpur ataupun materal lain sehingga wujud air tidak keruh. Kesemuanya proses pengelolaan limbah tersebut juga harus memiliki izin AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan / Environmental Impact Analysis) dan dilaporkan secara berkala di Dinas Lingkungan Hidup & Kabupaten setempat mengingat limbah hanya boleh disimpan pada TPS (Tempat Penampungan Sementara) maksimal 1 tahun. Lebih detail masalah limbah abu pembakaran batubara, pihak transportir dan pihak pemanfaat limbah juga harus memiliki izin operasi yang legal seperti pabrik semen yang menfaatkan abu sebagai bahan pelengkap dalam proses pembuatan semen, transportir maupun kendaraan yang digunakan untuk mengangkut limbah tersebut. Terkahir, Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenagan dari pihak FT-UMP kepada Kukuh Pambudi selaku Pembicara Kuliah Tamu pada kegiatan Pidato Milad Ke-22 FT-UMP.(Afif)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id