Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

TINGKATKAN PROFESSIONALITAS MELALUI JOB SEEKING TRAINING 2017

Sabtu (16/09/2017), Bertempat di Aula lt.5 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto sekaligus menyambung agenda Engineering Expo 2017, Kolaborasi Fakultas Teknik (FT-UMP) & Alumninya langsung “merangsek” dengan kegiatan Job Seeking Training dikesokan harinya. Kegiatan JST (Job Seeking Training) ini terlaksana tak lepas dari kerjasama antara Alumni & Almamater yang baik sehingga kegiatan ini terus diadakan setiap tahunnya.

 

Selalu & sering digembor-gemborkan setiap kali diadakannya JST bahwa Profesionalitas kerja mutlak dibutuhkan oleh setiap individu, selain untuk meningktkan kompetensi di dunia kerja tetapi juga untuk menjaga nama baik Almamater tempat kita belajar dulu. Dekan FT-UMP, M. Taufiq Tamam, S.T.,M.T. mengemukakan bahwa Alumni UMP sudah bisa bersaing baik di kanca Regional, Nasional maupun Internasional, tak hanya itu kita sebagai pihak Almamater dan para Alumni harus selalu menjalin komunikasi bahwasanya peran Alumni tetap dibutuhkan dalam pengisian Borang Akreditasi, paling tidak membantu memberikan informasi tentang peluang pekerjaan bagi para adik kelasnya bagi para Alumni yang sudah memiliki posisi di dunia kerja ataupun membantu kemajuan program studi. Tamam juga menambahkan, “Untuk Alumni, diharapkan untuk mengisi Tracer Study supaya nantinya apabila Alumni yang bersangkutan pindah pekerjaan ataupun mendapatkan promosi jabatan, pihak IKA (Ikatan Keluarga Alumni) mapun Universitas dapat mengetahuinya”. Selanjutnya Tamam juga berterima kasih kepada semua pihak baik dari Universitas, Alumni ,panitia JST & Engineering Expo 2017 maupun pihak sponsor seperti Pertamina, PT. Sambas Wijaya, PT. Sutanto Arifchandra Electronic (Kabel Kitani) serta Arofah Tour & Travel atas terselenggaranya event ini.

Kegiatan JST ini juga merupakan ajang berdiskusi sekaligus event berbagi informasi oleh para Alumni yang sudah berkiprah di dunia profesional. Setidaknya ada 4 orang Alumni dari masing-masing Program Studi Teknik UMP antara lain : 1) Ir. Hendri Triono (Project Manager Black & Veatch International Company) dari prodi Teknik Sipil, 2) Listianingrum, S.T.,M.T. (Dosen UNPAD) dari prodi Teknik Kimia, 3) Danang Indra Kurniawan, S.T. (Network Product Solution di EB Conection Analyst Developer ACIS) dari prodi Teknik Elektro dan 4) Wuriyanto, S.Kom (backend Programmer PT Bhinneka.com) dari prodi Teknik Informatika.

 

Kempat Alumni tersebut saat ini telah berkiprah di dunia professional sesuai dengan bidang studi yang telah mereka tempuh semasa di bangku kuliah. Ir. Hendri Triono misalnya, sebagai Alumni Teknik Sipil UMP 1995 mengawali karirnya di PT. Wijaya Karya selama 5 tahun, Hendri becerita selama 5 tahun ia harus pulang larut dan besok paginya harus bekerja kembali. Hendri menambahkan, “Jangan dipikirkan kita mau gaji berapa? Pangkat? Tetapi seraplah semua ilmu yang ada & pengalamannya”. Setalah 5 tahun bekerja dan “menimba” ilmu di PT. Wijaya Karya, Hendri beralih ke Cabot Corporation, salah satu Perusahaan milik Amerika, lalu berpindah lagi ke PT. PLN sampai akhirnya ia menetap di Black & Veatch International, sebuah Perusahaan Engineering, procurement and construction terkemuka dunia. Kesemuanya pengalaman tersebut tak lantas membuat ia sombong. “Hal yang harus kita ingat selama kita bekerja adalah keluarga, backup kita adalah keluarga, kepada merekalah kita seusai bekerja, makanya perusahaan saya sekarang (Black & Veatch International) memiliki motto ‘NO INJURY TODAY’, dimana ‘Safety First’ juga sama penting, tetapi yang terpenting adalah kita dapat kembali ke keluarga kita dengan selamat.”, pungkasnya. (Afif)

 

Features : Tunggu Kupasan berita selanjutnya mengenai Job Seeking Training 2017 & pengalaman Alumni di dunia kerja hanya disini.

http://teknik.ump.ac.id/

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id