Copyright 2018 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Lembaga Sertifikasi Profesi dan Sistem Sertifikasi Kompetensi itu Perlu

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi tidak henti untuk meningkatkan kualitas. Berbicara soal kualitas, UMP telah mendorong civitas akademik nya untuk tersertifikasi. Sejalan dengan hal tersebut, melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) melakukan Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Sistem Sertifikasi Kompetensi pada 9/5/2018  yang lalu di Ruang Sidang, Lt 2 Gedung Rektorat.

 

Sosialisasi yang dihadiri Ketua Pelaksana Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),Drs. Ir. Asrizal Tatang, M.M.,membahas mengenai peningkatkan kompetensi mahasiswa UMP. Disampaikan oleh  Direktur LSP UMP, Ir. .Teguh Marhendi, S.T.,M.T.,IPM bahwa sosialisasi LSP dan Sistem Sertifikasi Kompetensi sangat perlu dilakukan. Mengingat LSP UMP merupakan lembaga baru dan penting perannya di lingkungan civitas akademik UMP.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut  juga dijelaskan mengenai sistem sertifikasi kompetensi yang bertujuan untuk memperoleh lisensi dari BNSP selaku badan nasional yang menaungi kegiatan operasional LSP.  

“LSP UMP merupakan Lembaga dibawah naungan BNSP yang untuk operasionalnya itu harus ada lisensi. Dimana saat ini kita mempunyai 3 (tiga) skema yang ada di tiga Program Studi (Prodi) yaitu skema operasional pemeliharaan jalan (Prodi Teknik Sipil), skema pemrograman (Prodi Teknik Informatika), dan skema pemasangan instalasi listrik bangunan (Prodi Teknik Elektro), jadi skema yang kita ajukan ini akan diverifikasi oleh BNSP agar layak mendapatkan lisensi kompetensi di bidang tersebut”, jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menyiapkan full assessment guna mendapatkan assessor yang ditargetkan rampung pada akhir bulan Mei.  “Nanti setelah itu kami diminta untuk menyiapkan untuk full asessment, yaitu kegiatan uji kompetensi untuk mendapatkan calon assesor yang layak untuk mendapatkan sertivikasi dari BNSP, kemudian dari BNSP melakukan verifikasi skema yang diajukan, dilanjutkan dengan full assessment hingga mandapatkan lisensi,” ungkapnya.

Manfaat dari sertifikasi Profesi  bagi mahasiswa adalah memperoleh sertifikat kompetensi yang terukur dibidangnya yang secara tidak langsung akan berimbas pada peningkatan mutu dari pada UMP sendiri.Yang mana Sertifikasi Profesi ini dapat menunjang ijazahuntuk memperkuat kapasitasnya sesuai bidang dan skema kompetensi  dimiliki.

Setelah kegiatan Sosialisasi selesai dilakukan, dari pihak LSP UMP berharap kedepannya  semakin banyak yang mempunyai dosen asesor, sehingga masing-masing prodi dapat melakukan uji kompetensi pada mahasiswa. (Agp/ Sls/Aff)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id