Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

LSP P1 UMP Serahkan Sertifikat Kompetensi Pertama

 

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyerahkan sertifikat kompetensi pertama pada uji kompetensi tahap I pada Jum’at Desember 2018 di Gedung Fakultas Teknik dan Sains UMP.

 

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan langsung Direktur LSP P1 UMP Ir. Teguh Marhendi, S.T., M.T., IPM didampingi  pengurus LSP, Asesor dan Dekanat UMP. Didaulat empat orang mahasiswa sebagai perwakilan untuk menerima sertifikat kompetensi yakni Zainal Arifin, Danang Karunia Pratama dari Teknik Elektro, dan Dwi Laras Sulastri N, dan Iqbal Jatmiko Putro dari Teknik Sipil.

 

Direktur LSP UMP, Ir. Teguh Marhendi, S.T., M.T., IPM mengungkapkan LSP UMP merupakan lembaga yang penting perannya di lingkungan civitas akademik UMP. “LSP UMP merupakan Lembaga dibawah naungan BNSP yang untuk operasionalnya harus ada lisensi dan memiliki skema sertifikasi yang sudah diverifikasi dan ditetapkan oleh BNSP. Dimana saat ini kita mempunyai 3 (tiga) skema sertifikasi yaitu skema pelaksana pemeliharaan jalan, skema pemrogram, dan skema pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, jadi dengan skema yang telah diverifikasi oleh BNSP ini, maka LSP UMP dapat melaksanakan uji kompetensi kerja bagi mahasiswanya sesuai skema-skema sertifikasi tersebut,” jelasnya.

 

Dijelaskan manfaat dari sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa adalah memperoleh pengakuan secara nasional dalam bidang kerja tertentu dan tentunya akan berimbas pada peningkatan mutu. “Sertifikasi kompetensi ini dapat menunjang ijazah untuk memperkuat kapasitasnya sesuai bidang dan skema kompetensi yang dimiliki,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan LSP P1 UMP telah bekerjasama dengan lima stakeholder yaitu, PT. Sambas Wijaya, PT. Hartono Sarana Bangun Cipta, PT. Kitani, PT. Karya Duta Teknik, dan Diskominfo Banyumas. “Salah satu fungsi sertifikat kompetensi yaitu mahasiswa akan mempunyai modal setelah lulus, karena persaingan di MEA sangat berat, dan melalu sertifikat standar penggajian sudah ada. Kita bersyukur LSP sudah punya lisensi, dan bisa menyelenggarakan uji kompetensi,” ungkapnya. (tgr/aff)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id