Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Ospek Ionik 2019 : Jadilah Beda dan Tunjukkan pada Dunia

Rabu, 28-08-2019. Kali ini giliran tiap fakultas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) nya setelah senin dan selasa kemarin Universitas memulainya terlebih dahulu. Tak ketinggalan Fakultas Teknik dan Sains (FTS-UMP) turut serta dalam kegiatan tahunan ini.

Ospek Ionik, merupakan sebutan ospek yang digelar oleh FTS-UMP kali ini mengambil tema “Dream Big Be Different - Lets Show Our Efforts to the World” diikuti sebanyak 315 mahasiswa baru yang terdiri dari 127 mahasiswa teknik sipil, teknik kimia sebanyak 39 mahasiswa diikuti oleh teknik elektro 36 siswa lalu terakhir yakni teknik informatika yang pada tahun 2019 ini memegang rekor terbanyak FTS sebanyak 168 mahasiswa.

 

 

Setalah pembukaan kemudian peserta OSPEK diarahkan untuk berkumpul di Void lt.1 FTS untuk pengenalan jajaran dekanat fakultas. Wakil Dekan I Bidang Akademik FTS-UMP, Hindayati Mustafidah, M.Kom menyampaikan tentang Catur Dharma PT Muhammadiyah yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Al-Islam & Kemuhammadiyahan (AIK) dengan dilanjutkan dengan sejarah berdirinya FTS-UMP, pendirian masing-masing prodi. Tak hanya itu, Hindayati juga mengemukakan tentang wacana pendirian program studi baru Teknik Mesin S1 pada tahun 2021 mendatang.

 

“Pengabdian masyarakat selalu dibutuhkan dalam tiap perguruan tinggi (PT), karena tidak mungkin PT tersebut akan maju tanpa adanya dukungan baik dengan masyarakat sekitar”, Pungkas nya.

 

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FTS-UMP, Ir. Teguh Marhendi, M.T., IPM yang turut serta memberikan “wejangan” bagi para mahasiswa baru untuk senantiasa berusaha menjadi mahasiswa yang ideal. Ideal yang dimaksud oleh Teguh adalah keselarasan antara kuliah (akademik), kegiatan ekstra (non-akademik) maupun dakwah. Ia juga menambahkan bahwa FTS-UMP ini telah memiliki beragam prestasi mulai dari prestasi akademik maupun non-akademik yang tak hanya disumbang oleh para mahasiswatetapi juga para alumninya.

 

Teguh menjelaskan, “Kita orang teknik, pastinya setiap lini pekerjaan membutuhkan ranah keilmuan ini … jadi kita harus siap bekerja dimana saja”  

 

Pada sesi selanjutnya, peserta OSPEK diarahkan untuk mengenal prodi masing-masing lebih dekat melalui kegiatan sarasehan, panduan pengisian KRS hingga sore hari dan ditutup dengan evaluasi hari pertama. Pada hari kedua kamis besok, peserta akan dikenalka mengenai organisasai kemahasiswaan seperti DEMA, BEM dan HMPS untuk meningkatkan kemampuan interpersonal mahasiswa sebagai modal awal di karir yang akan datang. (Afif)  

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id