Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

TAMAM : Siap buka Teknik Mesin S1 & menjadi Fakultas yang disegani

Jumat, 06-09-2019. Ditengah pergelatan revolusi industri 4.0 yang mulai marak di Indonesia ini. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) khususnya Fakultas Teknik dan Sains (FTS-UMP) turut serta melalui pembukaan program studi (prodi) baru Teknik Mesin S1 guna menghadapi persaingan tersebut.

 

Disela-sela waktu senggangnya, Dekan FTS-UMP, Muhammad Taufiq Tamam, S.T., M.T. menceritakan bahwa pencanangan program studi teknik mesin sudah dimulai dari beberapa tahun yang lalu, dan di September tahun 2019 ini FTS-UMP sudah “boleh” membuka prodi ini atas keputusan DIKTI. Sehingga nantinya pada tahun ajaran baru selanjutnya FTS-UMP sudah bisa menerima mahasiswa dengan program studi baru tersebut.

 

Pembukaan prodi Teknik Mesin S1 ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMP guna menghadapi revolusi industri 4.0.

“Terlebih banyak sekali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan teknik mesin seperti mesin perkakas, kendaraan ringan maupun mesin industri yang nantinya dapat bergabung menjadi mahasiswa di UMP”, ungkap Tamam.

 

Dalam waktu yang sama pula, Tamam juga menjelaskan bahwa pada periode wisuda september 2019-ini FTS-UMP sendiri memiliki 136 calon wisudawan dimana prosesi yudisium sudah dilakukan pada tanggal 29 agustus sebelumnya. Calon wisudawan FTS-UMP pada periode kali merupakan jumlah terbanyak yang pernah dilakukan disepanjang sejarah fakultas teknik dan sains yang terbagi atas 64 mahasiswa teknik sipil, 29 mahasiswa teknik kimia, 10 mahasiswa teknik elektro dan 33 mahasiswa teknik informatika.

 

Yang mana pada periode kali ini baik lulusan terbaik semuanya berasal dari prodi teknik kimia dengan masa studi rata-rata 3 tahun 11 bulan. Peringkat pertama lulusan terbaik FTS-UMP diraih oleh Fena Retyo Titani dengan  IPK 3.87 disusul oleh Lintul Chulqi pada peringkat kedua dengan IPK 3.80 dan Asri Pratiwi pada peringkat ketiga dengan IPK 3.79.

 

Tamam juga menambahkan, “Tak hanya itu banyak juga mahasiwa teknik dan sains yang ikut berorganisasi di organisasi kemahasiswaan juga dapat lulus tepat waktu, yang menandakan bahwa mahasiswa tersebut memiliki dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi”.

 

Menurut perspektif beliau, menjadi mahasiswa Fakultas Teknik dan Sains haruslah menjadi mahasiswa yang “ditakuti”. Makna ditakuti disini bahwa menjadi mahasiswa teknik harus memiliki nilai kompetensi yang tinggi yang ditunjukkan dengan adanya prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional sehingga disegani oleh para mahasiswa fakultas lain. Selain itu dengan banyak prestasi tersebut maka akan muncul image di kalangan publik bahwa menjadi mahasiswa teknik tidaklah sulit. (Fif)

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id