Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Kuliah Tamu Teknik Sipil : Beton Precast, Solusi Percepat Pembangunan Infrastruktur

Kamis, 10-10-2019. Industri konstuksi saat ini berkembang pesat seiring dengan kemajuan Artificial Intelligence dan Industries 4.0, oleh sebab itu proses konstruksi yang tadinya memakan waktu lama bisa dipangkas dengan metode otomatisasi alat dan mengurangi kegagalan dengan adanya trial & error dari simulasi. Salah satunya dalaha beton pracetak atau lebih dikenal dengan Precast.

 

 

Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (TS-UMP) memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengenalkan teknologi Precast kepada para mahasiswa melalui kegiatan Kuliah Tamu yang digelar pada tanggal 10 Oktober 2019 berrtempat di Aula Fakultas Teknik dan Sains lt.5 . Tak tanggung-tanggung, Acara yang bertemakan Perkembangan Teknologi Beton Pracetak di Dunia Konstruksi Indonesia ini menghadirkan Direktur PT. Adhimix Precast Indonesia, Ir. Elvi Fadhilah, MBA.

 

Precast sendiri merupakan beton pracetak yang proses pembuatannya dilakukan di pabrik dengan menggunakan bantuan mesin-mesin berat dan tingkat kepresisian yang tinggi sehingga beton tersebut memiliki kualitas sesuai dengan yang diinginkan oleh costumer. Saat ini, PT. Adhimix Precast telah memiliki puluhan Plant produksi precast yang tersebar di Jawa Barat, JAwa Tengah, Jawa Timur  dan yang terbaru yakni Plant manyar yang beroperasi pada tahun awal 2018 dengan luas 10Ha dan kapasitas produksi hingga 300.000 ton/tahun pada masing-masing Plant nya.

 

Didalam proses pemaparan materi, Elvi menjelaskan bahwa saat ini PT.ADHIMIX memilki produk beton precast yang antara lain tiang pancang square pile atau spun pile, Kolom Precast, Slab Precast atau lantai, Balok precast, Tangga precast, Façade, U-Ditch & box culvert, Pagar Precast bermotif yang semua produk tersebut harus memenuhi quality assurance lewat lab-lab khusus.

 

“Hampir semua komponen bangunan bisa dibuat precastnya guna mempercepat proses konstruksi karena pada dasarnya proses desain sudah dibuat di pabrik dan dilokasi kita tinggal memasang, itupun menggunakan alat berat khusus yang didampingi oleh superviser lapangan dan operator”, ungkap Elvi.

 

Sementara itu Elvi juga menjelaskan tentang keuntungan yang didapat melalui penggunaan beton Precast yang terbagi dalam 3 kategori yakni waktu, biaya dan mutu.

 

“Beton Precast memilki banyak sekali keunggulan seperti Meminimalkan potensi kehilangan, meminimalkan manpower, meminimalkan limbah proyek karena proses pembuatan beton tidak dilakukan di lokasi pembangunan, meminimalkan support dan scaffolding. Sementara itu dari segi waktu dan biaya, beton Precast memiliki tingkat kepresisiaan yang tinggi, mempercepat proses pembangunan atau konstruksi bangunan secara signifikan, kemudahan pengawasan dan lokasi pembangunan lebih bersih”, jelasnya.

 

 

Di akhir pemaparan materi, kegiatan kuliah tamu dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dengan para mahasiswa. Bahkan saking menariknya tema dan pemabahasan pada kuliah tamu kali ini ada yang sesumbar menanyakan apakah ada loker amaupun tipsuntuk lolos dan berkarir di ADHIMIX mengingat perusahaan tersebut merupakan perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia dan banyak mengerjakan beragam proyek infrastruktur yang ada di Indonesia.

 

“setiap tahun ADHIMIX membuka peluang kerja bagi para lulusan, bahkan tidak perlu menunggu satu tahun mengingat apabila perusahaan mendapatkan proyek besar pastinya kita membuka loker bagi yang kompeten untuk menghandle dan membantu menyelesaikan proyek tersebut. Tapi ingat mas, selain memilki kemampuan akademik yang bagus, paham geometry controller atau teknik sipil secara umum atau Key Performance Index kita membutuhkan orang-orang yang berperilaku baik dan pastinya bisa bekerja dalam tim atau Key Behaviour Index”, pungkas Elvi. (Afif)

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id