Copyright 2020 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

TI-UMP jadi salah satu destinasi KKL UM Metro

Senin, 20 Januari 2020. Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (TI-UMP) kali berkesempatan untuk menjadi salah tuan rumah destinasi Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) Lampung. Rombongan yang berjumlah sekitar 90 orang ini terdiri dari 86 Mahasiswa prodi D3 Manajemen Informatika & S1 Ilmu Komputer dan beberapa dosen pendamping KKL.

 

Kegiatan KKL yang dilakukan sejak tanggal 19 hingga 27 Januari 2020 ini meliputi kota Purwokerto, Malang, Yogyakarta hingga Bali. Prodi di UMP yang pada kesempatan ini menjadi spot destinasi adalah prodi Teknik Informatika. Kunjungan KKL UM Metro di UMP ini digelar di Aula Fakultas Teknik dan Sains lt.5 dengan dihadiri oleh Dekanat, Kaprodi TI dan segenap Dosen Prodi TI.

 

Dekan FTS-UMP, Muhammad Taufiq Tamam, S.T., M.T. mengucapakan banyak terima kasih atas kesempatannya untuk menjadi spot studi banding pada kegiatan tersebut. Tamam juga menjelaskan bahwa fakultasnya saat ini juga berencana untuk menambah 1 prodi lagi yakni Teknik Mesin S1 yang akan mulai dibuka pendaftarannya pada bulan januari 2020 ini.

 

Selain itu tamam menjelaskan,

“Sebagai sesama prodi TI, khususnya sesame Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), saya pribadi mengajak untuk bergabung di ASTPTM (Asosiasi Sains Teknik Perguruan Tinggi Muhammadiyah) supaya lebih mudah dalam berkomunikasi, diskusi sekaligus sharing dalam pengembangan kurikulum pada masa-masa yang akan datang ataupun dalam agenda yang lain untuk kemajuan perserikatan.”

Dedi Irawan, S.Kom., M.T.I. selaku ketua panitia KKL UM Metro mengucapkan banyak terima kasih kepada UMP yang telah menyambut baik kedatangan rombongan untuk menimba ilmu maupun untuk sharing pengalaman dalm berkiprah di ranah teknologi informasi.

 

“S1 Ilmu Komputer yang kami miliki memang masih terbilang baru dan masih belum memiliki banyak pengalaman, karena pada kesempatan kali kami ingin belajar lebih jauh dengan TI-UMP yang sudah berdiri sejak tahun 2007, apalagi kami mendengar bahwa di UMP saat ini sudah memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dan Perpustakaan yang sudah terakreditasi A”, ungkap Dedi.

 

Dalam sesi diskusi Kaprodi TI, Harjono, S.T., M.Eng menjelaskan tentang sejarah berdirinya prodi TI, student body mahasiswa yang saat ini mencapai 650-an. Beberapa mahasiswa dari UM Metro juga menanyakan bagaimana terkait penyusunan skripsi, pencarian referensi, proses penelitian. Yang mana di prodi TI-UMP menurut Harjono, mahasiswa tidak harus membuat program atau produk IT melainkan dapat melakukan analisis baik itu dalam ranah jaringan, computer vision & citra digital, atau forensik seperti yang sedang digalakkan saat ini oleh prodi TI.

 

 

Selepas diskusi, rombongan langsung bergegas untuk mengunjungi Laboratorium Komputer milik TI-UMP, Digital Forensic Center yang sedang dibangun, LSP UMP dan perpustakaan yang ditutup dengan sesi foto bersama di halaman Fakultas Teknik dan Sains. (Aff)

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Teknik dan Sains

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id