Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Teknik UMP "Kunjungi" UNISEL Malaysia

Kamis, 10 Agustus 2017 / 17 Dzulqa’dah 1438H. Menuju World Class University yang sedang dicanangkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) pada tahun 2031, Fakultas Teknik (FT-UMP) tak ketinggalan mendukung moment besar tersebut melalui kegiatan Sit-in yang diikuti oleh para Dosen & Mahasiswa FT-UMP ke Malaysia pada tanggal 26 - 30 Juli 2017.

 

Kegiatan ini bukanlah kegiatan Sit In pada umumnya dimana mahasiswa hanya menerima kuliah selama beberapa hari kemudian pulang. Kegiatan ini istimewa karena mahasiswa berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka di Mini International Conference di UNISEL. Dalam kegiatan ini, ada 7 dari 20 artikel yang di presentasikan. Salah satu artikel unggulan nya adalah dari Teknik Kimia. Mereka mengembangkan bahan-bahan untuk digunakan dalam konstruksi pembuatan bahan baku pesawat terbang. Teknik Sipil juga mempresentasikan tentang pengembangan teknik pengecoran pondasi bangunan. Seluruh kegiatan international ini dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

 

“Kami telah menyiapkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari Fakultas Teknik dan melatih nya selama 2 bulan sebelum mereka siap untuk presentasi di International Conference” kata Haryanto, Ph.D Kepala Program Studi Teknik Kimia. Haryanto juga menambahkan bahwa ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk melihat dunia yang lebih luas lagi dan mereka juga akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi.

 

Selain kegiatan presentasi di conference UNISEL, kegiatan Sit-in ini juga membahas kerjasama UMP-UNISEL melalui pembuatan Draft MoA (Memorandum of Agreement). Dalam wawancara lebih jauh mengeni kegiatan Sit-in Malaysia ini Dekan FT-UMP, M. Taufiq Tamam menjelaskan , “Kegiatan ini merupakan awal dari pencapaian prestasi baru bagai mahasiswa UMP, khususnya mahasiswa Teknik UMP. Tak hanya Sit-in saja, Kami juga membahas pembuatan MoA (Memorandum of Agreement) antara pihak UMP dan UNISEL terkait dengan Student Exhange dan Joint Conference, seperti yang sudah kita tahu bahwa UMP sendiri sudah memiliki International Conference bidang Teknik, INCEAS (International Conference of Engineering and Applied Science) sehingga nantinya akan lebih membawa nama UMP di kanca dunia.” Tamam juga menambahkan bahwa karakteristik kalender akademik UMP mirip dengan UNISEL sehingga memungkinkan program Student Exhange dapat berjalan sampai 2 bulan.

 

 

 

Harapan dari kegiatan Sit-in ini adalah mahasiswa dapat mengembangkan kepercayaan diri mereka bahwa mereka mampu membawa nama baik UMP di mata dunia dengan melihatnya pada aspek pengembangan sains & teknologi. Serta “menularkan” pengalaman yang sudah mereka dapatkan kepada teman mahasiswa lain & berkolaborasi menghasilkan suatu penemuan yang akan membuat bangga bangsa Indonesia. (Afif/Uly)

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : teknik@ump.ac.id

Web : http://teknik.ump.ac.id